a y a m - P A N U S (harta karun leluhur ayam aduan)



*  AYAM   PANUS  *

bersambung ?

           Assalamu’alaikum  wr wb.   Salam sejahtera buat kita semua


Sudah beberapa lama saya tidak menulis artikel  tentang perkembangan  AYAM ADUAN modern & termutakhir

Mengamati  perkembangan pembudidayaan  ayam aduan di negeri  kita sungguh menarik karena sangat dinamis. Antusiasme teman-teman peternak baik yg hobies maupun skala besar saling bersaing untuk mendapatkan  materi  indukan terbaik sebagai  bagian terpenting dalam beternak ayam aduan adalah sebuah kesenangan (kepuasan) tersendiri.  Jujur  saya  termasuk  salahsatu dari pencari kepuasan tersebut.

Dalam kesempatan ini saya akan mencoba mengupas tentang  salah satu jenis  ayam-aduan  yang sedang populer  banyak di perbincangkan oleh rekan-rekan di Thailand & Malaysia, yaitu

                                                                 “ AYAM   PANUS “

Sempat menjadi perbincangan rekan-rekan  di Indonesia  seperti apa gaya bertarung ayam termutakhir sekarang.  Seperti ayam Burma (pama) termutakhir akan seperti apa gayanya?  Ayam Pakhoy termutakhir akan seperti apa? Ayam Saigon (Vietnam)  dll. Banyak juga rekan2 menanyakan tentang bagaimana model ayamnya.

Sesudah mengamati & berbincang (share info) dengan rekan dari Thailand & Malaysia, saya memberanikan untuk menulis info tentang ayam PANUS buat temen-temen di Indonesia, sekiranya bisa menjadi salahsatu rujukan ayam modern.

PANUS  merupakam nama pemberian pemilik Peternakan di Thailand yang merupakan bangsawan kerajaan di Thailand. Amatlah sangat terbatas & dirahasiakan awalnya untuk kepemilikan keturunan ayam ini hanya untuk kalangan bangsawan kerajaan saja yang memiliki, merupakan harta karun leluhur ayam Bangkok

PANUS adalah Galur murni dari darah ayam BANGKOK  terbaik di masa dahulu yang masih dipertahankan oleh sebagian peternak. Dimana dari ayam jenis ini yang menjadikan ayam Thailand (SIAM) terkenal sampai di Indonesia hingga Dunia.

Pada awalnya merupakan pembudidayaan dari jenis ayam BANGKOK  bibit ter-unggul yang di hasilkan  oleh  Peternakan  di daerah Thailand Bangkok bagian selatan. Panus original masih banyak terdapat di daerah Chon-buri. Ayam panus ini merupakan ayam jenis Thai (Bangkok) yang terbaik di masanya dan sekarang dengan penuh keseriusan telah di budidayakan secara modern  (kawin silang atau breeding) secara lebih komplek misalnya dengan ayam Pama, Pakhoy, Brasil, Saigon, Shamo dan sebagainya.

Gaya bertarung ayam PANUS sangat mirip dengan gaya bertarung dari jenis ayam BANGKOK akan tetapi memiliki kelebihan dalam hal kecerdasan, kelincahan, mental daya tahan, variasi gerakan, gaya pukulan & daya tahan terhadap pukulan. Rahasia dari ayam Panus ada pada tehnik bertanding/bertarungnya yang sangat baik, skill ayam Panus seakan-akan memiliki kecerdasan yang lebih jika dibandingkan dengan ayam Bangkok yang biasa kita kenal.

Gaya bertarung ayam PANUS seperti langkah kaki yang sangat baik dengan permainan  lock kepala yang sangat rapat dan cepat kekiri maupun kekanan, diikuti dengan permainan kilas sayap (nyayap) kiri dan kanan dengan rapat. ada selam / nyorong kebawah hingga membongkar dengan power penuh dan diikuti kecepatan mematuk ke segala area tubuh lawan yang diikuti dengan pukulan berisi dan terarah  hal ini merupakan kesempurnaan dari jenis ayam tehnik jalan yang kebanyakan orang sukai dan cari.

Gaya abaran berupa tembakan nyawat dari depan terarah bagian tengkuk dan muka kepala.  Arah pukulan mayoritas terarah, tengkuk, dan kepala sesekali ke bagian tubuh  adalah kelebihan ayam jenis PANUS,  ini hampir merupakan akumulasi gaya bertarung dari beberapa jenis ayam aduan seperti gaya ayam Bangkok, Burma, Pakhoy, Saigon seakan-akan terdapat dalan ayam PANUS ini.  Pernah ter besit oleh saya apakah ayam Panus ini merupakan hasil dari rekayasa genetika dari beberapa darah ras ayam aduan (mungkinkah 4-darah atau bahkan 6-darah ?) saya kira sangat beralasan untuk memilih ayam Panus daripada harus melakukan proses rekayasa genetika dari beberapa jenis ayam yang ada bukan.

Usaha untuk memiliki ayam PANUS sebagai bibit benih pelengkap beternak menjadi sesuatu yang sangat berharga. Agar hasil produksi ayam aduan selalu lebih uptodate. Pemilihan indukan untuk mendapatkan bibit benih ayam Panus ini dibutuhkan kehati-hatian, karena dari sekian banyak peternak  ayam Panus yang ada di Thailand tentunya juga memiliki perbedaan kualitas maupun  harga yang berbeda satu sama lainnya, kedekatan personal dan komunikasi dengan pemilik peternakan menjadi sangat penting selain juga melihat langsung gaya bertarungnya (abarannya).  
Ada kalanya menjadi kesulitan buat kita untuk mendapatkan ayam betina PANUS karena sebagian orang tidak mudah untuk memberikan ayam betina yang dibutuhkan untuk indukan. Pengalaman saya memang dibutuhkan kedekatan personal dengan pemilik peternakan akan memberikan hasil yang sangat baik, karena pada dasarnya mereka juga senang beternak. Karenanya mereka hanya mau menjual ayam jantan nya saja. Biasanya ayam Panus betina memiliki darah RAS yg sangat kuat genetiknya.

Tentunya Nusa Ungu Farm  sebagaai basis ternak ayam aduan akan dengan senang hati membantu jika rekan-rekan membutuhkan jenis ayam PANUS sebagai bahan untuk ternak.  Kami sedang berusaha memasukan (import) beberapa ekor ayam, kedepan pasti kami akan posting di blog ini. Sekarang pun kami sedang melakukan proses pembenihan jenis ayam PANUS di kandang NUF



Semoga tulisan kecil ini bisa bermanfaat dan menambah semangat kita didalam beternak ayam aduan.




Salam,


diditgondang



No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Followers